Terkait Limbah, Masyarakat Cikarang kota Bersama LSM dan Ormas Gelar Unjuk Rasa di PT DKE menuntut CEO Jababeka Grup turun tangan.


Kabupaten Bekasi || Ratusan masyarakat Cikarang kota  bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung PT DKE (Derma Konsep Estetika) Kawasan Rira Green Park Blok A, Desa Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

Aksi tersebut dipicu terkait polemik  pengangkatan limbah dan juga persoalan tenaga kerja dan beberapa poin lainnya yang dianggap tidak berpihak pada masyarakat dan lingkungan sekitar. Dimana perundingan yang dilakukan belum disepakati oleh pihak perusahaan.

Setelah proses yang cukup alot, ratusan masyarakat yang melakukan orasi di depan perusahan tersebut akhirnya diterima oleh perwakilan dari perusahan. Pihak perusahaan meminta tenggang waktu satu minggu, tepatnya pada Kamis depan untuk dilakukan mediasi kembali.
Kordinator aksi ujuk rasa, Samsudin, mengatakan bahwa masyarakat Cikarang kota tidak sedikitpun berniat menghambat adanya perusahan/investor asing atau lokal yang berniat membangun di wilayahnya.

“Kami meminta perusahan tersebut bisa bekerja sama dengan kearifan lokal. Dengan perusahan lokal yang mempunyai ijin B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)/non B3 yang sesuai dan legal,” ucapnya.

Samsudin menegaskan, ada salah satu oknum pihak Kawasan Industri Jababeka yang diduga mempunyai perusahan sendiri (PT Nakula Sadewa Indomakmur) dan sudah bekerjasama. Namun tidak memiliki legalitas dan tempat yang jelas

“Ini salah satu kapitalis terbaru. Kami patut menduga juga sebagai masyarakat, pihak Jababeka ada main dan menjadi broker. Setelah itu dijual kembali pada pengusaha limbah,” tambahnya

"Masyarakat Cikarang kota beserta LSM dan ORMAS juga menuntut CEO Jababeka Grup ( BPK. Setyono Djuandi Darmono) untuk menyidak perusahannya Secara internal yang di duga ada perusahaan di dalam perusahaan." Pungkasnya.

Unjuk rasa tersebut berlangsung kondusif dan dijaga ketat oleh aparat kepolisian dari Polsek Cikarang Utara dan Polresta Bekasi. ( Red/Adi )