Rutilahu Baznas Kota Bekasi Rp 17 Juta, Penerima Cuma Terima Rp 5 Juta.



 foto :  Penerima rutilahu dengan pihak baznas



BEKASI - Program Rutilahu dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bekasi senilai Rp17 juta per rumah, faktanya si penerima hanya mendapatkan Rp5 juta. Si penerima terheran kemudian hanya bisa menghela nafas panjang, tanpa bisa berbuat apa-apa.

Peristiwa itu dialami oleh dua janda penghuni sebuah rumah (layak masuk program rutilahu) di RT 04 RW 06 Kelurahan Harapan Mulya Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Pemilik rumah, yakni Supartini, mengajukan program rutilahu ke Baznas Kota Bekasi pada 9 Juni 2022. Di rumah itu, dia tinggal bersama putrinya, Indriastutik Wahyuningtias (41), yang juga berstatus janda.

Si pemilik rumah yang tengah dalam keadaan sakit itu, mengajukan rumahnya ke dalam program rutilahu di Baznas Kota Bekasi, karena memang tempat yang ditinggali berdua bersama putrinya itu sudah tak layak huni.

Dari keseluruhan bangunan rumah itu, hanya dua ruangan yang bisa ditempati, itupun kondisinya masih bisa dibilang memprihatinkan (maaf). Putri pemilik rumah, yakni Indriastutik Wahyuningtias, memaparkan, kondisi rumah seperti itu sudah terjadi sejak lama.

Mereka tak berdaya untuk memperbaiki rumah itu karena memang tak punya dana.

 "Ibu saya sakit bertahun-tahun. Saya kerja juga cuma cukup buat makan dan kebutuhan sehari-hari," ujar perempuan yang akrab disapa Ayu itu, Jumat (6/1/2023).

Ayu memaparkan, beberapa bulan setelah itu rumah ibunya yang ditempati bersamanya itu, kemudian disurvei oleh pihak Baznas Kota Bekasi. Dan setelah itu tidak ada informasi lagi.

Sampai akhirnya pada Jumat (6/1/2023) siang, dia ditelpon oleh staf Baznas Kota Bekasi, katanya mau datang ke rumah dan minta didampingi petugas Pamor dari Kelurahan Harapan Mulya sebagai saksi, untuk survei kembali.

Kemudian, dirinya pun bergegas pulang dari kantor ke rumahnya untuk menyambut petugas dari Baznas Kota Bekasi. Namun ketika petugas Baznas Kota Bekasi itu datang, dari program rutilahu itu dia mengaku menerima uang sebesar Rp5 juta.

"Saya dikasih uang Rp5 juta sama petugas, dan kwitansinya diminta mereka sambil minta nanti tanda bukti segala macam-lah," ujar Ayu

Ayu mengaku heran, kenapa dari program rutilahu yang katanya Rp17 juta per rumah, hanya mendapatkan Rp5 juta.

Ayu menegaskan akan mengembalikan uang tersebut ke Baznas Kota Bekasi. Pasalnya, kata dia, tidak seperti harapannya bedah rutilahu Baznas senilai Rp17 juta dan uang Rp 5 juta yang diberikan Baznas tidak cukup untuk memerbaiki rumah orang tuanya.

"Uang Rp 5 juta buat apa? Saya akan kembalikan uang ini," kata Ayu.